Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 04 November 2016

Cermat Memilih Bahan Material Kitchen Set Minimalis Murah

Glanz InteriorMake your surrounding to be a better place to live in


Memiliki dapur dengan kitchen set murah yang indah tidak berhenti pada proses desainnya saja, namun juga pada pemilihan bahan material yang tepat. Dengan bahan yang tepat, hasil akhir yang diharapkan dapat tercapai lebih maksimal.

MATERIAL DASAR

Kitchen set murah, tentunya memiliki ukuran yang banyak menyita ruang pada dapur.Untuk itu, kerapihan tampilan lemari menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kesan keseluruhan dapur. Material dasar untuk membentuk kitchen set murah ini beragam jenisnya, ada yang terbuat dari kayu solid, multipleks/plywood, blockboard, MDF dan PB.

Kayu Solid
Merupakan bahan material yang paling kuat. Keindahan motif alaminya menjadi daya tarik tersendiri pada bahan ini. Beberapa kayu yang umum digunakan sebagai bahan baku kitchen set murah ini diantaranya kayu jati, sungkai, nyantoh, mapple dan jati belanda. Kayu sungkai memiliki warna terang dan alur urat kayu yang beraturan. Kayu maple memiliki tampilan hampir tidak berserat sedangkan kayu nyantoh memiliki urat kayu yang agak kasar dengan warna kemerahan. Sayangnya kian hari harganya makin tidak terjangkau. jadi bagi yang berkantong pas-pasan, kayu solid ini dapat untuk rangka kitchen setnya saja.

kayu solid

Multipleks/plywood
Salah satu material dari jenis kayu olahan yang umum digunakan. Soal kekuatan tidak diragukan namun memiliki harga yang cukup terjangkau. Multipleks terbuat dari kayu tipis yang ditumpuk dan direkatkan hingga mencapai ketebalan tertentu. Kayu yang digunakan terdiri atas beragam jenis dalam satu lembarnya, hal ini mengakibatkan tingkat muai susut yang berbeda. Bahan ini memiliki kekurangan pada ukuran yang presisi dan lapisan vinirnya mudah mengelupas dan tidak 100% rata. Untuk bentang yang panjang, bahan ini beresiko mudah melengkung akibat sifatnya yang keras dan kaku, bahan ini juga mudah retak di beberapa lapisan atasnya bila menahan beban yang terlalu berat.

multipleks

Blockboard
Bentuknya mirip multipleks dengan ketebalan lapisan tengahnya  hingga 20 mm – 30mm. Terbentuk dari beberapa potongan kayu yang dilaminasi dengan vinir yang disusun secara melintang serat untuk menahan daya susut kayu. Blockboard ada yang dilapisi dengan lapisan kayu jati dan dinamakan teakblock. 

blockboard

MDF
Medium Density Fiberboard terbentuk dari bubur kayu yang bercampur perekat kemudian di-press hingga padat menyerupai papan. Bahan ini kini paling banyak digunakan oleh para produsen kitchen set murah, karena harganya yang murah dan memiliki tingkat presisi yang tinggi. Prosesnya dikerjakan secara fabrikasi sehingga memiliki permukaan yang halus dan rata dengan tingkat ketebalan yang sempurna. Kekurangan bahan ini dapat melendut bila terkena beban yang berat akibat sifatnya yang lebih elastis, serta tidak tahan terhadap rendaman air.

MDF (Medium Density Fiberboard)

PB (Particle Board)
Particle Board memiliki bentuk mirip dengan MDF. Terbuat dari serbuk kayu yang dicampur perekat yang dipadatkan menjadi sebuah papan. Bobotnya ringan dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan material lainnya. Namun kekurangannya juga cukup banyak seperti kasarnya struktur papan particle board, sulit dan tidak kuat untuk dipaku dan cepat sekali rusak bila terkena air.

Partikel Board

BAHAN FINISHING

Untuk menunjang hasil akhir sebuah kitchen set murah, bahan material yang digunakan dilapisi bahan finishing agar tampilannya lebih indah. Bahan ini pula yang melindungi material biasa agar tahan lama dan terhindar dari zat yang dapat merusak. Sebaiknya bahan yang digunakan benar-benar berkualitas. Beragam bahan banyak ditawarkan di pasaran mulai dari cat duco, melamik, polyurethane (PU), polyesther, vinir, tacon, akrilik, high gloss panel hingga HPL (High Pressure Laminate).

HPL
High Pressure Laminate memiliki keunggulan pada kekuatan dan tingkat elastisitasnya. Ini diakibatkan oleh serat dari campuran akrilik dan kayu yang dimilikinya. Sifatnya yang kuat dan elastis membuat bahan ini mudah untuk ditekuk sehingga sangat baik untuk melapisi tepian lemari.

HPL (High Pressure Laminate)

Akrilik
Memiliki tampilan yang mengkilap dan berwarna cerah. Sangat cocok digunakan pada dapur yang mengejar tampilan modern. Kekurangan bahan ini sukar untuk ditekuk sehingga pada bagian sudut dan tepi lemari harus dilakukan penyambungan.


Akrilik
Tacon
merupakan bahan sintetis yang permukannya sedikit bertekstur. Pilihan variasi warna yang ada di pasaran cukup banyak. Bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan warna yang berubah menjadi kekuningan dan motif yang pudar jika digunakan dalam waktu lama.

Tacon sheet
Vinir
Merupakan irisan kayu tipis dengan ketebalan 0,2mm – 0,6 mm yang berserat indah. Umumnya yang banyak digunakan adalah kayu sungkai dan kayu jati. kelebihan finishing memiliki tampilan serat kayu yang alami menyerupai kayu solid. Sayangnya bahan ini mudah tergores, terkelupas, dan tidak tahan panas.

Lapisan Veneer

High Gloss Panel
Bahan ini memiliki tampilan permukaan yang licin dan mengkilap seperti kaca. Di bagian luarnya diberi lapisan duco, materialnya terlihat mewah dan tahan terhadap goresan. Kelebihan bahan finishing ini dapat ditekuk sehingga tidak terlihat sambungan pada sudut dan tepi lemari.

High Gloss Panel

TABLE TOP

Kehadiran table top membuat tampilan kitchen set murah di dapur anda akan semakin lengkap. Bahan ini ditempatkan di atas lemari bawah dan berfungsi sebagai alas kerja saat berkegiatan di dapur. Karenanya pemilihan bahan yang berkualitas sangat penting dilakukan mengingat rentannya permukaan table top terhadap goresan pisau, panasnya panci ataupun tumpahan bahan makanan. Bahan yang dapat digunakan sebagai table top adalah tacon, keramik, marmer, granit, stainless steel dan solid surface.

KERAMIK
Bahan ini dulu cukup familier digunakan, namun saat ini sudah mulai ditinggalkan. Nat di antara keramik sering susah untuk dibersihkan dan menyimpan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dalamnya. Hasilnya kitchen set di dapur pun menjadi kurang bersih dan higienis.

Table Top Keramik

MARMER
Berasal dari batu alam yang kaya akan corak dan warna yang indah. Sifat bahannya yang memiliki pori membuatnya sulit untuk dibersihkan karena serpihan makanan yang berukuran kecil dapat masuk ke dalamnya. Bahan ini jika terkena air dan lembab mudah sekali berjamur sehingga kebersihan kitchen set di dapur menjadi terganggu. Namun bahan ini tahan panas dan harga yang relatif terjangkau dibandingkan bahan granit dan solid surface.

Table Top Marmer

GRANIT
Batu alam yang satu ini memiliki sifat keras dan berpori cukup padat. Kekuatannya tidak tertandingi bahan lain, namun bobotnya bisa sangat berat sehingga jika menginginkan bahan ini digunakan, struktur penopangnya harus benar-benar kuat. Perawatannya cenderung lebih mudah dibandingkan marmer, namun karena memiliki pori, material ini masih dapat menyerap air dan serpihan makanan ke dalamnya. Untuk mencegah hal itu sebaiknya diberi lapisan coating. Kelebihannya bahan ini tahan panas dan memiliki variasi warna yang cukup banyak. Salah satu kekurangannya adalah bentuk yang kaku dan sulit untuk dibengkokkan sehingga memiliki sambungan yang terlihat jelas di beberapa bagian.

Table Top Granit

STAINLES STEEL
Bagi yang ingin memiliki kitchen set dapur berkonsep industri, bahan ini bisa dijadikan pilihan. Bahan logam ini memiliki warna silver yang memberi kesan modern dan futuristik. Kelebihan bahan ini adalah mudah dibersihkan dari noda dan kotoran serta proses pemasangannya yang tidak sulit. Sayangnya bahan ini mudah bengkok dan tergores.

Table Top Stainless Steel

SOLID SURFACE
Material mirip plastik ini memiliki tampulan mirip granit dengan aneka motif dan warna yang menawan, oleh karenanya sering juga disebut sebagai granit imitasi. Keunggulan bahan ini terletak pada sifat bahannya yang padat dan tidak memiliki pori sehingga aman dan higienis karena tidak adanya bahan makanan dan air yang dapat masuk ke dalamnya. Di pasaran dijual dalam bentuk lembaran setebal 9mm-12mm. Bahan ini cukup tahan terhadap goresan dan mudah dibentuk sesuai keinginan. Yang paling menarik dari bahan ini adalah prosuk ini dapat digabungkan dengan bahan sejenis tanpa terlihat memiliki sambungan, sehingga tampilan table top dapat terlihat bersih dan mulus.

Table Top Solid Surface

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana menentukan bahan dasar serta bahan pendukung sebelum merancang sebuah kitchen set, agar dapat memberikan wawasan bagi anda yang menginginkan sebuah dapur dengan kitchen set murah namun tetap menawan dan sesuai harapan. Informasi lebih lanjut dan berbagai pertanyaan seputar kitchen set ataupun furnitur lainnya dapat menghubungi kami  Glanz interior akan selalu siap membantu anda mewujudkan harapan dalam menyemarakkan ruang dalam hunian anda.

1 komentar:

  1. Thanks ... we also made some furniture. if you are interested you can contact us. we will be happy to assist you. You also can visit us on instagram @jasainterior

    BalasHapus

 
Blogger Templates